Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara mengatur tampilan lembar kerja pada aplikasi pengolah angka yaitu pada aplikasi Microsoft Office Excel 2013
Nah, apa saja yang akan saya bahas?
Silahkan disimak.
Menampilkan dan Menyembunyikan Formula Bar (Fx)
|
Dengan Formula Bar |
|
Tanpa Formula Bar |
- Klik Tab File
- Kemudian klik pada Option
- Maka akan muncul jendela Option, kemudian pilih Advanced
- Scroll ke bawah menuju submenu Display, berikan checklist (tanda centang) pada Show formula bar jika ingin menampilkan Formula Bar dan berikan unchecklist (tidak diberi tanda centang) pada Show formula bar jika ingin menyembunyikan Formula Bar
- Tekan OK
Menampilan dan Menyembunyikan Scroll Bar (Horizontal dan Vertical)
|
Dengan Scroll Bar |
|
Tanpa Scroll Bar |
- Klik Tab File
- Kemudian klik pada Option
- Maka akan muncul jendela Option, kemudian pilih Advanced
- Scroll ke bawah menuju submenu Display options
for this workbook, pilih workbook yang akan diatur
tampilan scroll barnya, berikan checklist pada Show horizontal scroll bar jika ingin menampilkan scroll bar horizontal dan berikan unchecklist pada Show horizontal scroll bar jika ingin menyembunyikan
scroll bar horizontal, lakukan hal tersebut pula pada Show vertical scroll bar
- Tekan OK
Menampilkan, Menyembunyikan dan Mengubah Warna Gridlines (Garis Bantu)
|
Dengan Gridlines yang menggunakan warna default |
|
Tanpa Gridlines |
|
Dengan Gridlines yang dirubah warnanya |
- Klik Tab File
- Kemudian klik pada Option
- Maka akan muncul jendela Option, kemudian pilih Advanced
- Scroll ke bawah menuju submenu Display options
for this worksheet, pilih sheet (lembar kerja) yang akan diatur
tampilan gridlinesnya, berikan checklist pada Show gridlines jika ingin menampilkan gridlines dan berikan unchecklist pada Show gridlines jika ingin menyembunyikan gridlines. Pada submenu ini kita juga dapat mengganti warna tampilan dari gridlines, kita hanya perlu memilih warna pada Gridline color.
- Tekan OK
Pengaturan Jumlah Tab Sheet (Lembar Kerja) Default
|
Dengan 3 Lembar Kerja ketika Membuat Buku Kerja Baru |
|
Dengan 5 Lembar Kerja ketika Membuat Buku Kerja Baru |
- Klik Tab File
- Kemudian klik pada Option
- Maka akan muncul jendela Option, kemudian pilih General
- Lihat pada submenu When creating new workbooks, Atur banyaknya sheet yang akan dibuat setiap membuat workbooks baru pada Include this many sheets
- Tekan OK
Pengaturan Perpindahan ketika Menekan Tombol Enter
- Klik Tab File
- Kemudian klik pada Option
- Maka akan muncul jendela Option, kemudian pilih Advanced
- Pada submenu Editing options, atur arah
ketika kita menekan tombol enter dengan cara atur Direction (arah) pada After pressing Enter, move selection. Up untuk ke atas, Left untuk ke kiri, Right untuk ke kanan, dan Down
untuk ke bawah
- Tekan OK
Menampilkan dan Menyembunyikan Kepala Kolom dan Baris
|
Dengan Kepala Kolom dan Baris |
|
Tanpa Kepala Kolom dan Baris |
- Klik Tab File
- Kemudian klik pada Option
- Maka akan muncul jendela Option, kemudian pilih Advanced
- Scroll ke bawah menuju submenu Display options
for this worksheet, pilih sheet yang akan diatur
tampilan kepala baris dan kolomnya, berikan checklist pada Show row and column headers jika ingin menampilkan kepala baris dan kolom dan berikan unchecklist pada Show row and column headers jika ingin menyembunyikan kepala baris dan kolom
- Tekan OK
Menentukan Default Lokasi Penyimpanan Workbook
- Klik Tab File
- Kemudian klik pada Option
- Maka akan muncul jendela Option, kemudian pilih Save
- Lihat pada submenu Save workbooks, atur path yang ingin dijadikan default lokasi penyimpanan workbook pada Default local file location
- Tekan OK
About
Izzuddin Fathin Azhar
A young man with awesome spirit.
0 komentar:
Posting Komentar