Mengatur Tampilan Lembar Kerja pada Aplikasi Pengolah Angka (Microsoft Office Excel 2013)

Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara mengatur tampilan lembar kerja pada aplikasi pengolah angka yaitu pada aplikasi Microsoft Office Excel 2013
Nah, apa saja yang akan saya bahas?
Silahkan disimak. 
Menampilkan dan Menyembunyikan Formula Bar (Fx)
Dengan Formula Bar
Tanpa Formula Bar
  1. Klik Tab File
  2. Kemudian klik pada Option
  3. Maka akan muncul jendela Option, kemudian pilih Advanced
  4. Scroll ke bawah menuju submenu Display, berikan checklist (tanda centang) pada Show formula bar jika ingin menampilkan Formula Bar dan berikan unchecklist (tidak diberi tanda centang) pada Show formula bar jika ingin menyembunyikan Formula Bar
  5. Tekan OK
Menampilan dan Menyembunyikan Scroll Bar (Horizontal dan Vertical)
Dengan Scroll Bar
Tanpa Scroll Bar
  1. Klik Tab File
  2. Kemudian klik pada Option
  3. Maka akan muncul jendela Option, kemudian pilih Advanced
  4. Scroll ke bawah menuju submenu Display options for this workbook, pilih workbook yang akan diatur tampilan scroll barnya, berikan checklist pada Show horizontal scroll bar jika ingin menampilkan scroll bar horizontal dan berikan unchecklist pada Show horizontal scroll bar jika ingin menyembunyikan scroll bar horizontal, lakukan hal tersebut pula pada Show vertical scroll bar
  5. Tekan OK
Menampilkan, Menyembunyikan dan Mengubah Warna Gridlines (Garis Bantu)

Dengan Gridlines yang menggunakan warna default
Tanpa Gridlines
Dengan Gridlines yang dirubah warnanya
  1. Klik Tab File
  2. Kemudian klik pada Option
  3. Maka akan muncul jendela Option, kemudian pilih Advanced
  4. Scroll ke bawah menuju submenu Display options for this worksheet, pilih sheet (lembar kerja) yang akan diatur tampilan gridlinesnya, berikan checklist pada Show gridlines jika ingin menampilkan gridlines dan berikan unchecklist pada Show gridlines jika ingin menyembunyikan gridlines. Pada submenu ini kita juga dapat mengganti warna tampilan dari gridlines, kita hanya perlu memilih warna pada Gridline color.
  5. Tekan OK
Pengaturan Jumlah Tab Sheet (Lembar Kerja) Default
Dengan 3 Lembar Kerja ketika Membuat Buku Kerja Baru
Dengan 5 Lembar Kerja ketika Membuat Buku Kerja Baru

  1. Klik Tab File
  2. Kemudian klik pada Option
  3. Maka akan muncul jendela Option, kemudian pilih General
  4. Lihat pada submenu When creating new workbooks, Atur banyaknya sheet yang akan dibuat setiap membuat workbooks baru pada Include this many sheets
  5. Tekan OK
Pengaturan Perpindahan ketika Menekan Tombol Enter 
  1. Klik Tab File
  2. Kemudian klik pada Option
  3. Maka akan muncul jendela Option, kemudian pilih Advanced
  4. Pada submenu Editing options, atur arah ketika kita menekan tombol enter dengan cara atur Direction (arah) pada After pressing Enter, move selection. Up untuk ke atas, Left untuk ke kiri, Right untuk ke kanan, dan Down untuk ke bawah
  5. Tekan OK

Menampilkan dan Menyembunyikan Kepala Kolom dan Baris
Dengan Kepala Kolom dan Baris
Tanpa Kepala Kolom dan Baris
  1. Klik Tab File
  2. Kemudian klik pada Option
  3. Maka akan muncul jendela Option, kemudian pilih Advanced
  4. Scroll ke bawah menuju submenu Display options for this worksheet, pilih sheet yang akan diatur tampilan kepala baris dan kolomnya, berikan checklist pada Show row and column headers jika ingin menampilkan kepala baris dan kolom dan berikan unchecklist pada Show row and column headers jika ingin menyembunyikan kepala baris dan kolom
  5. Tekan OK
Menentukan Default Lokasi Penyimpanan Workbook
  1. Klik Tab File
  2. Kemudian klik pada Option
  3. Maka akan muncul jendela Option, kemudian pilih Save
  4. Lihat pada submenu Save workbooks, atur path yang ingin dijadikan default lokasi penyimpanan workbook pada Default local file location
  5. Tekan OK

Share on Google Plus

About Izzuddin Fathin Azhar

A young man with awesome spirit.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar